Kemampuan unik lebah dalam mencari makanan



Ahli biologi di UC San Diego telah menemukan bahwa lebah madu dapat membedakan makanan pada temperatur yang berbeda, kemampuan yang dapat membantu lebah dalam mencari makanan yang hangat, gula-kaya nektar atau tepung sari protein tinggi yang dihasilkan oleh banyak bunga.
Sementara peneliti lain sebelumnya telah menemukan bahwa lebah mungkin memiliki kemampuan untuk melakukan hal ini, ahli biologi UCSD memberikan bukti eksperimental detail pertama dalam sebuah makalah yang akan diterbitkan dalam edisi Desember 1 Journal of Experimental Biology.



"Kami menemukan bahwa lebah madu memiliki kemampuan untuk menghubungkan perbedaan suhu dengan makanan melalui antenanya," kata James Nieh, seorang profesor biologi yang memimpin studi. "Informasi ini dapat membantu membimbing lebah mencari makanan dan untuk membedakan mana lebah yang kembali ke sarang dengan kualitas tertinggi makanan."
"Lebah pekerja yang paling hangat dalam sarang adalah yang paling mungkin mengunjungi makanan yang paling manis, kualitas paling tinggi."

Subhanallah, binatang yang sekecil itu diberi kemampuan yang luar biasa oleh Sang Khaliq. Hal diatas hanya salah satu dari kemampuan lebah. Luar biasa! Tapi kalau kita bandingkan dengan bangsa kita (baca: manusia), sangat jauh perbedaannya. Manusia lebih tinggi derajadnya. Karena sesungguhnya manusia diciptakan dalam sebaik-baik bentuk. Jadi, merugilah kita apabila tidak memanfaatkan semua kelebihan kita. Masak kalah sama lebah???????


source : sciencedaily.com

{ 6 komentar... Views All / Send Comment! }

mas doyok said...

maha suci Alloh
telah melengkapi semua makhluknya degan masing masing kelebihan

Dek Yusron said...

di atas kelemahan pasti ada kelebiha

tak ada makhluk yang sempurna kecuali dia betul2

Nova Imoet said...

wah-wah...
hebat banget ya lebah punya kemampuan seperti itu........

jaya said...

keep posting...... salam super

Firex Santos said...

terimakasih infonya sob...

Khery Sudeska said...

Sangat meng-inspirasi. Trims :)

Post a Comment

Silahkan berkomentar, komentar Anda sangat kami hargai