Ratatouille (2007)



Kata ratatouille berasal dari touiller yang artinya adalah "melempar makanan". Ratatouille berasal dari daerah Nice dan sekitarnya. Makanan ini aslinya adalah makanan para petani miskin yang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas (Wikipedia.com). Namun di film ini, fokusnya bukan membahas tentang ratatouille ini, meskipun masih ada hubungannya. Film ini menceritakan tentang usaha keras seekor tikus untuk menjadi koki di sebuah restoran terkenal di Paris. Film ini sudah cukup lama tayang, namun saya baru bisa nonton beberapa hari kemarin. Saya tertarik dengan film produksi Walt Disney ini. Berikut sinopsisnya,


Seekor tikus bernama Remy mempunyai impian menjadi seorang juru masak Perancis yang luar biasa meskipun keinginan tersebut adalah hal yang mustahil dari sebuah keluarga binatang pengerat. Saat nasib membawa Remy tinggal di salah satu saluran air di Paris, ternyata ia berada di bawah sebuah restoran dengan juru masak terkenal, Auguste Gesteau

Meskipun dia adalah masalah yang tak nampak dan tentu tak diinginkan, hasrat Remy untuk memasak perlahan mulai terwujud melalui gerakan lucu dan menggairahkan yang dapat memutar membalikkan dunia kulinari di Paris (cineplex).

Film ini sangat lucu, bahkan kalau kita hayati akan tersirat makna yang sangat menginspirasi disana. Betapa ketidakmustahilan dikikis oleh keteguhan dan kegigihan melawan rintangan. Adegan lucu sepanjang film ini membuat segar suasana, suasana haru juga ada di film ini dimana ketika Remy berselisih pendapat dengan ayahnya tentang manusia, dan Remi pun memilih jalannya sendiri, karena menurutnya perubahan itu bisa dilakukan, nasib bisa dirubah jika mau berusaha.

Secara umum, film ini menarik untuk ditonton. Sangat menghibur bahkan menginspirasi. Namun ada beberapa hal dari jalan cerita yang agak mengganjal di hati saya, yaitu kejelasan asal-usul Linguini. Dalam cerita, dia tiba-tiba muncul setelah kematian Gusteau dan mengaku sebagai anaknya dengan membawa surat. Status itu agak ngambang sehingga ada yang agak mengganjal. Namun, secara umum, sekali lagi, film ini cukup menarik untuk menjadi tontonan anda.

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

aldrix said...

salam kenal ya bro..
makasih klo udah ikutan Reff ane di PTC itu.
btw klo tukeran link. nanti ane pasang di sini gan.. http://apocalytyo.blogspot.com/2009/10/link-exchange-room.html

pasang dolo ya gan..

mascipul said...

sama2 bro...
suda saia pasang gan...
check this out...

Post a Comment

Silahkan berkomentar, komentar Anda sangat kami hargai