Materi Matematika : Hukum Kanselasi


Sudah lama sekali saya tidak membuat artikel tentang matematika. Padahal saya ingin membagi sedikit ilmu yang saya miliki kepada sobat-sobat pembaca. Terlalu banyak menggali ilmu di bidang tips blogging di blognya mas doyok, bahkan terlalu sering membaca humor di blog sebelah, kepunyaannya kang jaka membuat saya melupakan matematika. Tapi kemarin ketika jalan-jalan ke blog sobat, saya menemukan beberapa artikel matematika disana. Membuatku ingin berbagi tentang matematika lagi disini.



Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas kanselasi. Apa sih kanselasi dalam matematika itu? Kanselasi sebenarnya adalah nama resmi coret-mencoret bilangan yang sama pada masing2 ruas pada persamaan/pertidaksamaan matematika. Masih bingung? gini lho..

apabila saya punya persamaan

2b=2c

berapa nilai b?
tentunya sobat pasti langsung dengan lugas menjawab gini

2b=2c
b=c

Nah ini dia yang dimaksud dengan kanselasi. Namun konsep dari kanselasi itu sendiri bukanlah dengan seenaknya di coret seperti tadi. Konsep pencoretan merupakan sebuah konsep yang salah meskipun hasilnya benar. Tapi pada suatu kasus, apabila asal mencoret akan memjadikan hasil yang didapatkan salah. Lalu bagaimana sebenarnya konsep Kanselasi?

Kanselasi adalah penghapusan, dengan cara dioperasikan dengan inversnya sehingga akan menghasilkan elemen identitas. Lebih jelasnya seperti ini .

Kembali pada soal yang tadi

2b=2c

pada persamaan ini operasinya adalah perkalian, kalikan angka 2 masing-masing ruas dengan invers angka 2 terhadap operasi perkalian, yaitu 1/2. Sehingga menjadi

(1/2)2b=(1/2)2c
1b=1c
b=c

Begitu pula apabila operasinya adalah penjumlahan, operasikan angka yang akan di kanselasi dengan inversnya terhadap perkalian. Lebih lanjut, bisa dipelajari bahwa kanselasi ada dua jenis, yaitu kanselasi kanan dan kanselasi kiri.

Nah seperti itu sobb sebenarnya konsep coret-mencoret yang diajarkan guru kita semasa SD atau SMP. Sebenarnya konsep tersebut salah, konsep yang benar adalah konsep kanselasi.

Terima kasih sob telah membaca, silahkan ditanyakan apabila ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat.

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Jaka Utama said...

mecoba menyimak tapi tetep saja tidak mengerti

Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online said...

Semoga ilmu ini bermanfaat,namun ngomong2 kang cipul ini materi matematika kelas berapa yah.

Post a Comment

Silahkan berkomentar, komentar Anda sangat kami hargai