Inilah Sebab Mengaoa Kita Sulit Bangun Pagi


VIVAnews - Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi atau justru selalu bangun pagi? Rambut Anda bisa menjawabnya. Hal itu karena peneliti dari Universitas Yamaguchi, Jepang menemukan gen yang mengatur ritme tubuh (body clock) terdapat pada folikel rambut.

Makoto Akashi dan timnya melakukan penelitian pada sampel rambut empat orang, yang memiliki jadwal serta kebiasaan yang selalu sama setiap harinya. Dengan kata lain, selalu bangun lebih awal atau terlambat dan jadwal makan yang selalu sama dibandingkan pilihan gaya hidup lainnya.

Ketika peneliti memeriksa gen pada folikel rambut mereka, ditemukan aktivitas gen ritme tubuh meningkat setelah orang tersebut bangun tidur. Yaitu, pada pukul enam pagi atau sepuluh pagi. Ini mengindikasikan, otak akan membangunkan gen pada waktu yang berbeda pada tiap orang di pagi hari.

Penelitian ini membantu memahami kelainan ritme tubuh seseorang. Kelainan ritme tubuh ini dapat berdampak negatif pada kesehatan dan meningkatkan risiko jantung serta diabetes.

Tes folikel rambut ini nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan kondisi kerja yang tidak mengganggu fungsi ritme tubuh. "Saya harap tes ini akan digunakan sebagai tes kesehatan regular baik di sekolah maupun perusahaan untuk membuat ritme tubuh tetap sehat," kata Akashi seperti dikutip dari Times of India.



Anda menyukai artikel-artikel dari MasCipul[dot]Com? Ingin selalu update dengan artikel2 seperti ini? Cukup berlangganan di [sini]/mengisikan alamat email Anda ke kotak subriber kami atau menjadi Followers dari MasCipul[dot]Com, maka Anda akan selalu update artikel-artikel dari MasCipul[dot]Com yg akan Kami kirim langsung ke email Anda setiap harinya
silahkan copy artikel ini jika dirasa bermanfaat asal jangan lupa cantumkan link blog ini. trims

{ 5 komentar... Views All / Send Comment! }

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
ehm ternyata sebab sebabnya simple namun efeknya memiliki yang luar biasa.good luck yach

Prapatan Kertek Simple Blog said...

Bagaiana dengan yang tidak memiliki rambut alias botak ya sob...hix...hixx...!!??

Riyan said...
This comment has been removed by the author.
Riyan said...

ini khusus orang berambut yah ??
orang botak gimana dong ?

Riyan Permana

mascipul said...

@all >>mkasih ya uda mampir... ^^

Post a Comment

Silahkan berkomentar, komentar Anda sangat kami hargai